DESAIN DAN IMPLEMENTASI E-COMMERCE PADA TOKO AS 88 CELLULER MERAUKE

  • Selfina Pare
Keywords: Toko AS 88 Celluler, Waterfall, White Box, Black Box, E-Commerce

Abstract

Toko AS 88 Celluler Merauke merupakan suatu perusahaan yang bergerak pada bidang penjualan handphone dan aksesoris handphone. Sistem pemasaran dilakukan secara konvensional oleh salesman dengan cara men229datangi toko-toko handphone yang ada di Merauke dan sekitarnya, cara ini kurang efektif dan efisien karena salesman hanya mampu menjangkau toko-toko tertentu saja. Maka dirancang sistem pemasaran elektronik (e-commerce) untuk memperluas daerah pemasaran yang bisa diakses oleh pelanggan secara online, memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam memperoleh informasi yang up to date, melakukan transaksi dan pemesanan produk secara online.

Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kepustakann, wawancara, observasi, dan kuisioner, sedangkan metodologi pembangunan  perangkat  lunak  yang  digunakan  untuk  membangun  sistem  ini adalah metode waterfall. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemograman phpMyAdmin sebagai PHP (Personal Home Page), MySQL sebagai database dan web server yang digunakan adalah XAMPP. Metode pengujian sistem yang digunakan adalah metode white box untuk menguji alur data dari sistem dan metodi black box untuk menguji fungsional dari sistem.

Sistem pemasaran elektronik (e-commerce) yang dirancang dapat melakukan penginputan data dengan benar (login, registrasi, konfirmasi, data produk, data tarif pengiriman, data belanja dan data buku tamu) serta dapat menghasilkan laporan pelanggan, laporan pemesanan, laporan penjualan per periode, laporan penjualan secara total dan dapat menghasilkan bukti pemesanan produk yang dapat dicetak oleh pelanggan pada saat melakukan pemesanan secara online. E-commerce mampu mengakomodir aktifitas bisnis pada Toko AS 88 Celluler Merauke, meningkatkan proses penjualan dan transaksi secara online.

Published
2013-12-02
How to Cite
Pare, S. (2013). DESAIN DAN IMPLEMENTASI E-COMMERCE PADA TOKO AS 88 CELLULER MERAUKE. MUSTEK ANIM HA, 2(3), 222-229. Retrieved from https://ejournal.unmus.ac.id/index.php/mustek/article/view/201