PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI PEMBELAJARAN ANATOMI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: SMP MUHAMMADIYAH MERAUKE

  • Agustan Latif Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Musamus
  • Stanly H Dolpies Loppies Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Musamus
Keywords: Augmented Reality, Sistem Gerak Manusia, Markerless Tracking, Unity 3D

Abstract

Kajian ini mengimplementasikan teknologi Augmented Reality (AR) yang digunakan sebagai media pembelajaran anatomi pada tubuh manusia, khususnya sistem gerak pada manusia. Penerapan teknologi Augmented Reality pada proses pebelajaran anatomi ini berbasis android, penerapan ini dibuat dalam bentuk desain gambar yang dapat menghasilkan model dari animasi 3D pada proses media pembelajaran anatomi agar dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar. Menerapkan teknologi Augmented Reality dalam pembelajaran sistem gerak agar siswa lebih mudah mengenal dan memahami gambaran sistem gerak pada manusia. Memanfaatkan teknologi Augented Reality agar dapat membantu guru untuk menyampaikan materi anatomi sistem gerak manusia. Fungsinya sebagai sarana pembelajaran alternatif untuk mempelajari materi anatomi tubuh manusia tentang sistem gerak pada manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan sistem Markerless Tracking. Aplikasi yang dibuat menggunakan Tools atau software pendukung unity yang berbasis android, adapun software pendukung yang lain yaitu vuvoria SDK (Software Developer Kit) serta kertas marker sebagai pendukung menjalankan aplikasi augmented reality. Hasil dari penelitian dan pengujian sistem yang dilakukan sebagai media pembelajaran pengenalan anatomi tubuh manusia melalui smartphone android yang dapat dilihat secara nyata dalam bentuk 3D, sehingga dapat mempermudah proses belajar mengajar anatomi

Published
2019-08-30
How to Cite
Latif, A., & Loppies, S. (2019). PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI PEMBELAJARAN ANATOMI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: SMP MUHAMMADIYAH MERAUKE. MUSTEK ANIM HA, 8(2), 141-147. https://doi.org/10.35724/mustek.v8i2.2676