APLIKASI DENAH BANGUNAN DAN RUANG BELAJAR MENGAJAR UNIVERSITAS MUSAMUS BERBASIS ANDROID
Abstract
UNMUS memiliki 23 gedung dan masih terus membangun gedung-gedung baru untuk memenuhi kebutuhan belajar mengajar. Terdapat kurang lebih 75 ruang belajar mengajar dari hasil survey yang dilakukan oleh penulis pada Desember 2018. Gedung dan ruang belajar yang banyak namun tidak disertai dengan penyediaan peta atau informasi mengenai letak gedung serta ruang perkuliahan, mengakibatkan mahasiswa baru dan orang orang-orang yang belum mengetahui letak gedung dan ruang kelas UNMUS mengalami kesulitan. Mahasiswa baru yang akan mengikuti kegiatan perkuliahan terlebih pada kegiatan perkuliahan lintas jurusan kesulitan mengetahui lokasi dan mengenai letak-letak ruang belajar mengajar atapun gedung lainnya. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah sistem informasi yang dapat tentang letak-letak gedung dan ruang perkuliahan serta informasi mengenai jadwal penggunaan ruang perkuliahan kepada mahasiswa dan dosen melalui smartphone. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi literatur. Metode waterfall merupakan metode pengembangan sistem dan metode Blackbox merupakan metode pengujian sistem dan menggunakan kuisioner untuk mendapatkan kepuasan pengguna terhadap aplikasi. Bahasa pemograman yaitu PHP (hypertext Preprocessor) dan Java serta MySQL sebagai manajemen basisdata nya. Berdasarkan hasil perancangan dan implementasi serta pengujian sistem menggunakan metode blackbox, bahwa sistem ini dikembangkan sudah sesuai dengan kebutuhan fungsional pengguna dan berdasarkan pengujian kepuasan pengguna dikumpulkan melalui kuisioner menunjukan bahwa 86,67% responden menyatakan sistem dapat membantu dalam memberikan informasi letak ruang perkuliahan dan informasi ruangan kosong