ANALISIS QUALITY OF SERVICE (QOS) PADA JARINGAN TELEKOMUNIKASI DATA 4G LTE DI KELURAHAN BAMBU PEMALI KOTA MERAUKE
Abstract
Quality of Service (QoS) merupakan kemampuan suatu jaringan untuk menyediakan layanan yang baik. Dengan hadirnya teknologi 4G LTE (Long Term Evolution) diharapkan dapat memenuhi kebutuhan multimedia masyarakat Merauke saat ini. Penelitian ini dikhususkan untuk menganalisa Quality of Service (QoS) jaringan telekomunikasi data 4G LTE di Kelurahan Bambu Pemali Kota Merauke. Tujuannya adalah untuk mengetahui kualitas jaringan telekomunikasi data 4G LTE dari sisi throughput, delay, jitter dan packet loss berdasarkan standarisasi TIPHON (Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks). Metode yang digunakan adalah observasi dengan melakukan pengambilan sampel pengukuran di wilayah Kelurahan Bambu Pemali Kota Merauke menurut deret waktu pagi, siang dan malam hari selama satu bulan berdasarkan parameter QoS yang diukur adalah throughput, delay, jitter dan packet loss. Indeks QoS berdasarkan standarisasi TIPHON menunjukkan hasil saat pagi hari adalah 3,88 dengan nilai presentase 97%, saat siang hari 3,51 dengan nilai presentasi 87,75% dan saat malam hari 3,56 dengan nilai presentase 89,00%. Kemudian hasil rekapitulasi keseluruhan indeks QoS pagi, siang dan malam hari didapatkan angka indeks 3,65 dengan nilai presentase mencapai 91,25%, dengan demikian dilihat dari data rekapitulasi indeks QoS disimpulkan Quality of Service (QoS) Pada Jaringan Telekomunikasi Data 4G LTE di Kelurahan Bambu Pemali Kota Merauke termasuk dalam kategori bagus.