STUDI TARIF PARKIR ON STREET PROGRESIF KAWASAN PERKOTAAN MENENGAH BERDASARKAN DURASI PARKIR
Study of On Street Parking Progressive Rates at Medium-Sized City Based on Parking Duration
Abstract
Sebagian pengguna jalan di Jember seringkali memarkir kendaraannya dan memicu kemacetan pada ruas Jalan Trunojoyo. Sangat diperlukan pemanfaatan area parkir secara optimal untuk menjamin kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna jasa parkir. Salah satu cara yakni dengan menerapkan tarif parkir progresif, maka diharapkan pengguna nuang parkir dapat mengurangi waktu parkir. Dengan mengurangi lama parkir maka ruang parkir dapat dipergunakan dengan lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja jalan dan kapasitas parkir jika diterapkan sistem parkir progresif mungganakan durasi parkir. Kinerja jalan dianalisa menngunakan MKJI 1997, analisa durasi parkir menggunakan metode dari Direktorat Perhubungan Darat, dan perhitungan tarif parkir progresif menggunakan acuan Perda Surakarta dan Jember mengenai parkir dan tarif progresifnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Derajat Kejenuhan (DS) pada ruas Jalan Trunojoyo Jember hari senin sebesar 1,41 dan hari sabtu 1,10 dengan Kecepatan Arus Bebas (FV) sebesar FV (km/jam) 50,02 km/jam. Dimana dengan hasil tersebut layak untuk menerapkan sistem parkir progresif. Kapasitas satuan ruang parkir on street pada segmen 1 sebesar 27, segmen 2 terdapat 28, di segmen 3 terdapat 41 dan di segmen 4 ada 36 SRP. Pendapatan tarif parkir progresif sebesar Rp. 298.000 ribu pada hari senin dan sebesar Rp. 214.000 ribu pada hari Sabtu.
References
[2] Departemen Perhubungan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, “Pedoman Teknis Penyelenggaran Fasilitas Parkir,” Dep. Perhub. Direktur Jenderal Perhub. Darat, vol. 1, no. 1, 2012.
[3] L. Sriharyani and W. Pambudi, “Analisa Ruang Parkir Kendaraan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Jenderal Ahmad Yani Kota Metro,” Tapak, vol. 5, no. 1, pp. 31–40, 2015.
[4] T. Fahmi, Muhammadiyah Yoza Wildan, Hamduwibawa, Rofi Budi, Abadi, “ANALISA KINERJA SIMPANG JL.GAJAH MADA DAN JL.SENTOT PRAWIRADIRJO AKIBAT BANGKITAN PERJALANAN MASJID ROUDHOTUL MUCHLISIN DENGAN METODE PKJI 2014,” J. Hexag. Unmuh Jember, vol. Vol.6 No.1, 2021.
[5] A. Majid, R. B. Hamduwibawa, and T. D. Kuryanto, “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Akibat Akitvitas Pasar Dan Alternatif Solusinya,” J. Smart Teknol., vol. Vol. 4, No, p. Halaman 45 – 54, 2022.
[6] A. Munawar, “No Title,” Anal. Sist. Jar. Transp. di Kampus UGM, vol. MEDIA TEKN, 2004.
[7] MKJI, “MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA.” 1997.
[8] D. Hobbs, F, “Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas,” Gadjah Mada Univ. Press, 1995.
[9] E. . McShane, W. R., Roess, R. P., Prassas, “Traffic Engineering,” Prentice Hall, Inc., Englewood Cliffs, New Jersey, 1990.
[10] Bupati Jember, “Peraturan Daerah Kabupaten Jember Nomor 1 Tahun 2020,” vol. 1965, no. 6, pp. 1–116, 2020, [Online]. Available: https://dokum.jemberkab.go.id/upload/14/Pengundangan_perda_NO_1_TH_2020_Ret_Jasa_Umum_Eval.pdf
[11] B. Jember, “PERUBAHAN PERATURAN BUPATI JEMBER NOMOR 47 TAHUN 2011 TENTANG PELAYANAN PARKIR DI TEPI JALAN UMUM,” vol. 1999, pp. 1–49, 2012.
[12] W. Surakarta, “PERATURAN DAERAH KOTA SURAKARTA NOMOR 9 TAHUN 2011 TENTANG RETRIBUSI DAERAH,” pp. 1–104, 2011.