PEMBUATAN ALAT BANTU AJAR BAHASA INGGRIS PADA TK OKKI INTERNASIONAL MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8

  • Heru Ismanto
Keywords: Alat Bantu Ajar Bahasa Inggris, Macromedia Flash Professional 8, Taman Kanak-Kanak

Abstract

   Aplikasi alat bantu ajar bahasa inggris untuk anak TK merupakan suatu sistem berbasis multimedia yang dirancang dan ditujukan pada anak usia dini sebagai media pembelajaran sebelum memasuki pendidikan formal. Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah untuk mempermudah guru dalam penyampaian materi pembelajaran, mempermudah daya tangkap anak dalam menyerap pelajaran dan menciptakan suasana menyenangkan karena aplikasi ini dilengkapi sejumlah gambar, suara, warna dan lagu yang tidak terlepas dari dunia bermain anak-anak.
Melalui aplikasi ini, data input terdiri dari 10 (sepuluh) button pembelajaran pengenalan bahasa inggris. Input yang diberikan akan diolah sedemikian rupa menjadi gabungan animasi yang menarik disertai perpaduan gambar, warna dan suara. Pembuatan aplikasi alat bantu ajar bahasa inggris ini menggunakan Macromedia Flash Profesional 8. Pada system yang sedang berjalan, para guru mengalami sedikit kesulitan dalam dalam memperkenalkan pelajaran bahasa inggris kepada anak TK dikarenakan para guru harus mempersiapkan animasi dalam bentuk gambar dan binatang dengan menggunakan alat peraga seperti karton bekas, kertas warna atau tripleks, serta perlu waktu berhari-hari untuk membuat animasi baru.
Aplikasi ini sangat bermanfaat karena membantu proses belajar mengajar, baik kepada guru sebagai tenaga pengajar maupun anak didik sebagai penerima pelajaran. Hasil akhir dari aplikasi ini berupa tampilan animasi yang menarik perhatian dan dapat ditangkap langsung oleh indera penglihatan. 

Author Biography

Heru Ismanto
   Program Studi Sistem InformasiFakultas Teknik Universitas Musamus 
Published
2012-04-01
How to Cite
Ismanto, H. (2012). PEMBUATAN ALAT BANTU AJAR BAHASA INGGRIS PADA TK OKKI INTERNASIONAL MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8. MUSTEK ANIM HA, 1(1), 27-35. Retrieved from https://ejournal.unmus.ac.id/index.php/mustek/article/view/56