PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK PAPUA DALAM MENGENAL ANGKA DAN HURUF BERSIFAT KEARIFAN LOKAL PADA SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) PUTRA BANGSA INDONESIA DI KABUPATEN MERAUKE

  • Tatik Melinda Tallulembang
  • Susanto Susanto
Keywords: Sekolah PAUD, Multimedia, model 4-D

Abstract

Anak Usia Dini adalah sosok idividu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan yang pesat dan fundamental. Sanggar Tunas Putra merupakan sanggar kegiatan belajar yang membawai Kelas PAUD. Dalam Proses pembelajaran  media yang digunaka  masih klasikal, masalah yang terjadi Bagaimana membantu anak-anak Papua pada sekolah PAUD agar lebih tertarik dalam mengikuti pelajaran.

Dalam melaksanakan penelitian ini kami menggunakan metode model 4-D(four D model) . model pengembangan 4D terdiri atas pendefenisiha, perancangan, pengembaangan dan penyebaran. Selain untuk metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi,angket,wawancara dan dokumentasi. Untuk jenis penelitian digunakan metode penelitian eksperimental.

Hasil dan luaran yang dicapai dalasm penelitian yang telah diilaksanakan adalah mendapatkan Sebuah metode pebelajaran perangkat lunak pembelajaran  yang berbasis multimedia,. Keluaran yang kedua adalah modul pembelajaran mengenal angka, huruf dan bejar mewarnai.

Published
2016-12-02
How to Cite
Tallulembang, T., & Susanto, S. (2016). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK PAPUA DALAM MENGENAL ANGKA DAN HURUF BERSIFAT KEARIFAN LOKAL PADA SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) PUTRA BANGSA INDONESIA DI KABUPATEN MERAUKE. MUSTEK ANIM HA, 5(3), 202-208. https://doi.org/10.35724/mustek.v5i3.626

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>