ANALISIS KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN LAYANAN PDAM DI KABUPATEN MERAUKE (Studi Kasus Kelurahan Rimba Jaya)
Abstract
Kebutuhan masyarakat Merauke khususnya di Kelurahan Rimba Jaya akan air bersih semakin meningkat karena pertumbuhan penduduk dari tahun ke tahun. Penduduk Kelurahan Rimba Jaya menggunakan fasilitas air tanah dan PDAM untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari, sehingga dilakukan analisis layanan PDAM untuk mengetahui tingkat layanan PDAM di kelurahan Rimba Jaya Merauke.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi pelanggan PDAM Kelurahan Rimba Jaya Merauke. Dalam penelitian ini diambil 46 sampel pelanggan PDAM blok 1, kelurahan Rimba Jaya dengan kuesioner dan wawancara menggunakan persentase deskriptif.
Hasil Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ketersediaan debit air PDAM PT. Wedu Merauke saat ini yaitu sebesar 1.050,250 m3/hari sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan air masyarakat Kelurahan Rimba Jaya untuk 20 tahun yang akan datang sebesar 1.158,085 m3/hari dengan prediksi jumlah penduduk untuk tahun 2036 sebesar 29.509 jiwa. Sedangkan tingkat  kepuasan  pelanggan  secara keseluruhan  mencakup kualitas layanan yang baik yaitu sebesar 59,236% yang berarti bahwa pelanggan merasa cukup puas dengan pelayanan PDAM PT. Wedu Merauke.Â