HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS XI MIPA-3 SMA NEGERI 1 MERAUKE
Abstract
Abstrak: Masa remaja adalah masa dimana perubahan perilaku anak-anak menuju dewasa.
Konsep diri adalah citra mental seseorang terhadap dirinya sendiri. Bullying adalah tindakan
bermusuhan yang dilakukan secara sadar dan disengaja yang bertujuan untuk menyakiti
orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan perilaku
bullying pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Merauke. Metode: Penelitian ini menggunakan
desain penelitian cross sectional study. Sampel dalam penelitian berjumlah 32 siswa,
pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh. Analisa data dilakukan untuk
mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kecenderungan perilaku bullying pada siswa
kelas XI MIPA-3 SMA Negeri 1 Merauke, menggunakan uji statistik chi square (X²) dengan
tingkat kemaknaan 95 % (α < 0.05) . Hasil: hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri
positif dengan kecenderungan perilaku bullying ringan sebanyak 15 orang (83.3%).
Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan uji chi square diperoleh nilai p = 0.044
(α < 0.05), yang mana menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara konsep diri dengan
kecenderungan perilaku bullying. Dari penelitian ini diharapkan dapat menambah
pengetahuan dan untuk penelitian selanjutnya dapat dikembangkan dengan mengontrol faktor
lain misalnya harga diri, citra tubuh, ras, suku maupun peran orang tua/keluarga.
Kata Kunci: Konsep Diri, Kecenderungan Perilaku Bullying