Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Drill dan Bermain Terhadap Hasil Belajar Forehand Drive Permainan Tenis Meja Pada Mahasiswa Penjas USN Kolaka

  • Rahedin Suwo Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Iyan Nurdiyan Haris Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Rosti Rosti Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Laode Maklum Sabrin Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Jumaking Jumaking Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Restika Apridila Yasin Universitas Sembilanbelas November Kolaka
Keywords: Metode Drill, Pendekatan Bermain, Forehand Drive

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Pengaruh Metode Drill dan Pendekatan Bermain terhadap Forehand Drive Tenis Meja Mahasiswa Penjas USN Kolaka. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “one groups pre-test-post-test design.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan jasmani yang berjumlah 135 Mahasiswa. Sedangkan sampelnya Angkatan 2020 dengan jumlah 34 mahasiswa. Teknik memilih sampel dari populasi yang tersedia yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling. Peningkatan penguasaan teknik Forehand Drive tenis meja mahasiswa Penjas USN Kolaka dapat di tingkatkan dengan menggunakan pendekatan drill maupun menggunakan pendekatan bermain. Aplikasi di lapangan belajar teknik dasar Forehand Drive menggunakan pendekatan drill lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan bermain terhadap peningkatan penguasaan teknik Forehand Drive tenis meja mahasiswa Penjas USN Kolaka
Published
30-04-2021
How to Cite
Suwo, R., Haris, I., Rosti, R., Sabrin, L., Jumaking, J., & Yasin, R. (2021). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Drill dan Bermain Terhadap Hasil Belajar Forehand Drive Permainan Tenis Meja Pada Mahasiswa Penjas USN Kolaka. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 3(02), 60-67. https://doi.org/10.35724/mjpes.v3i02.3479