Model Pembelajaran Kooperatif Learning Terhadap Keterampilan Teknik Passing Bawah Dalam Permainan Bola voli

  • Heru Sulistiadinata STKIP Pasundan
Keywords: kooperatif learning, Passing Bawah, Bola Voli

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran kooperatif learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan teknik passing bawah dalam permainan bola voli siswa kelas XI RPL di SMK Tutwuri Handayani. Dalam penelitian ini penulis mempunyai tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Kooperatif learning terhadap keterampilan teknik passing bawah dalam permainan bola voli siswa kelas XI RPL di SMK Tutwuri Handayani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Experimen dengan Design one group pretest-posttest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL di SMK Tutwuri Handayani. Dengan populasi 29 orang dan menggunakan teknik sampling cluster random sampling, maka sampel ditetapkan berjumlah 29 orang. Instrument dalam pengambilan data menggunakan tes keterampilan teknik dasar passing bawah bola voli. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan output tabel T hitung tes passing bawah adalah 3,510 berada diluar daerah T tabel (ɑ:0,05) dan derajat kebebasan (dk n-1 =28) yaitu 1.701. Dengan T hitung  3,510 > T tabel 1.701, maka Ho ditolak. Dengan demikian dinyatakan implementasimodel pembelajaran kooperatif learning berpengaruh secara siginifikan terhadap hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli siswa kelas XI RPL di SMK Tutwuri Handayani. Kesimpulannya adalah model pembelajaran kooperatif learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan teknik passing bawah dalam permainan bola voli siswa kelas XI RPL di SMK Tutwuri Handayani
Published
10-05-2021
How to Cite
Sulistiadinata, H. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Learning Terhadap Keterampilan Teknik Passing Bawah Dalam Permainan Bola voli. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 3(02), 159-167. https://doi.org/10.35724/mjpes.v3i02.3618