Pengembangan permainan sepakbola modifikasi dalam pembelajaran PJOK siswa SD

  • Dilli Dwi Kuswoyo Universitas Musamus
  • Andi Muhammad Fadlih Universitas Musamus
Keywords: Sepak Bola Modifikasi, Pembelajaran PJOK, Siswa SD

Abstract

Penelitian ini bertujun untuk mengembangkan serta menghasilkan suatu produk permainan sepakbola modifikasi dalam pembelajaran Pendidikan, Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang telah di modifikasi yaitu: (1) Melakukan Penelitian Pendahuluan serta mengumpulkan informasi, (2) Mengembangkan Bentuk Produk Awal, (3) Evaluasi, (4) Revisi Produk Pertama, (5) Uji Coba Lapangan (20 Siswa). (6) Revisi Produk Akhir. (7) Hasil Akhir Melalui Revisi Uji Coba Lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah SDN Cenderawasih Kelas Lima (5), SD YPPK St. Theresia Kumbe Kelas Lima (5) dan Siswa SD YPK Kuprik kelas Lima (5). Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Pendekatan Kuisioner, yaitu evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran perbaikan produk, dan hasil pengisian kuisioner oleh siswa. Deskriptif Presentase digunakan dalam melakukan analisis data untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk tersebut. Berdasarkan hasil uji coba yang diperoleh maka didapatkan nilai 83% Ahli Penjas (Baik) dan Uji Coba Ahli sepakbola 82% (Baik), Uji Coba Kelompok Kecil 80 % (Baik), dan Uji Coba lapangan 81% (Baik). Berdasarkan data yang telah dijelaskan di atas maka dapat disimpulkan bahwa Permainan sepakbola modifikasi dapat digunakan bagi siswa SD di Kabupaten Merauke karena dapat diterima siswa serta menghasilkan produk pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Published
30-04-2021
How to Cite
Kuswoyo, D., & Fadlih, A. (2021). Pengembangan permainan sepakbola modifikasi dalam pembelajaran PJOK siswa SD. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 3(02), 230-236. https://doi.org/10.35724/mjpes.v3i02.3650