Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan model
discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis
penelitian adalah eksperimen semu dengan pola equivalent control group design. Subjek
penelitian adalah siswa SD Lab UPI Kampus Cibiru kelas IV-E (kontrol/26 siswa) dan kelas
IV-G (eksperimen/26 siswa). Pengumpulan data menggunakan teknik pretes-posttest.
Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial parametrik dengan program
SPSS for windows 23. Hasil pretest berpikir kritis memperoleh thitung (0,099)< ttabel (1,677),
menunjukkan tidak adanya perbedaan berpikir kritis siswa. Hasil posttest berpikir kritis
memperoleh thitung (2,591)> ttabel (1,677), menunjukkan ada perbedaan berpikir kritis siswa.
Keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.
Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh
positif terhadap keterampilan berpikir kritis secara signifikan.
Kata Kunci: model discovery learning, keterampilan berpikir kritis.
References
Connie, Ng Siew Ling. 2006. Approaches to Evaluate Critical Thinking Dispositions. APERA Conference: Hongkong.
De Jong, Ton & Wuter R. van Joolingen. 1998. Scientific Discovery Learning With Computer Simulation of Conceptual Domains. Review of Educational Research. Volume. 68 (2) p. 179-201.
Ennis, R. H. 1985. A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. Educational Leadership. Volume. 43 p. 45.
Erwin, T. Dary, et al. 2000. The NPEC Sourcebook on Assessment, Volume 1: Definitions and Assessment Methods for Critical Thinking, Problem Solving, and Writing. Washington DC: National Postsecondary Education Cooperative (NPEC).
Facione, Peter A., et al. 1997. Professional Judgment and the Disposition Toward Critical Thinking. California: The California Academic Press.
Kemenag. 2014. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. [Online]. Diakses: 29 Sept 2017. Tersedia: https://goo.gl/AVt5WR
Kolb, D.A. 1984. Experimental Learning Experience as the Source of Learning and Development. New Jersey: Prentice Hall. Inc
Maulana. 2013. Mengukur dan Mengembangkan Disposisi Kritis dan Kreatif Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Pendidikan Dasar. Vol. 4, No. 2 p.1-13.
Musfiqon, H.M. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Raiyn, Jamal. 2016. The Role of Visual Learning in Improving Student’s High-Order Thinking Skills. Journal of Education and Practice. Vol. 7, No. 24 p.155-121.
Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana & Ibrahim. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Taniredja, Tukiran & Hidayati Mustafidah. 2011. Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta.
Tishman, Shari & Albert Andrade. 1996. Thinking Dispositions: A review of current theories, practices, and issues. [online]. Diakses: 29 Sept 2017. Tersedia: https://goo.gl/FFBe8Y.