Penggunaan Media Kartu Warna Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Inpres Gudang Arang Merauke

  • Agus Kichi Hermansyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Musamus
  • Yonarlianto Tembang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Musamus
  • Ratna Purwanty Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Musamus
Keywords: word color cards, beginning reading ablitiy, indonesia language

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa
kelas I SD dengan penggunaan media kartu warna. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas jenis
kolaboratif yang dilaksanakan pada tiga siklus. Setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan,
yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas I SD Inpres Gudang Arang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 14 siswa
perempuan. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan tes. Bentuk
analisis data yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa adanya peningkatan pada
setiap siklusnya. Hal ini dapatkan dilihat pada setiap siklusnya, siklus I keterampilan membaca siswa sebesar
46,1% dengan jumlah siswa yang tuntas 12 siswa, pada siklus II meningkatkan menjadi 18 siswa dengan
presentase sebesar 69,2%, dan pada siklus III keterampilan membaca siswa sebesar 84,6% dengan jumlah
siswa yang tuntas 26 siswa. Pada level ini keterampilan membaca siswa dengan lafal, intonasi dan membaca
memahami meningkatkan hingga mencapai indikator yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa melalui penggunaan media kartu warna kata
dapat meningkat.
Kata Kunci: Kartu Warna Kata, Kemampuan Membaca Permulaan , Bahasa Indonesia.

References

Abu Ahmadi dan Munawar Soleh (2005) Pisikologi Perkembangan PT. Rineka Cipta Jakarta
Arikunto. S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. Suharjono dan Supardi. (2007) Penelitian Tindak Kelas, Bumi Aksara. Jakarta
Arsyad. Ahzar (2002) Media Pembelajaran. Rajagrahafindo Persada. Jakarta.
Conny R. Semiawan. (2009) Penerapan Pembelajaran Pada Anak. PT. Indeks. Jakarta.
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Umar. H. (2015). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.
Published
2019-04-21
How to Cite
Hermansyah, A., Tembang, Y., & Purwanty, R. (2019). Penggunaan Media Kartu Warna Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Inpres Gudang Arang Merauke. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 104-115. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1468
Section
Articles