Peran Edukasi Orang Tua terhadap PHBS AUD selama Masa Pandemi Covid-19

  • Anggie Maulidia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Umi Hanifah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran edukasi orang tua terhadap perilaku hidup bersih dan sehat kepada anak usia 5 – 6 tahun selama masa pandemi Covid-19. Subjek penelitian ini adalah orang tua dan anak usia 5 – 6 tahun berjumlah 6 informan. Metode penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk perilaku hidup bersih mempunyai rata-rata yang cukup baik, empat dari enam indikator hanya dua indikator yang dibiasakan oleh anak. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa anak yang belum membiasakan hidup bersih dan sehat selama masa pandemi Covid-19 adalah anak memiliki orang tua yang berjenjang pendidikan rendah. Faktor ini menyebabkan informasi yang didapat orang tua hanya sedikit sehingga kurang mengedukasi, mengajarkan dan mengingatkan anak untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah orang tua sangat berperan penting dalam mengedukasi anak untuk hidup bersih dan sehat selama masa pandemic Covid-19.

References

Aep, G. (Ed.). (2008). Ilmu Sosial Dasar (Kedua). Bandung: PT Refika Aditama.
Andriansyah, Y., & Rahmantari, D. N. (2013). Penyuluhan dan Praktik PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) dalam Mewujudkan Masyarakat Desa Peduli Sehat. 2(1), 6.
Aspiah, A., & Mulyono, S. (2020). Peran Perawat Sekolah dalam Memberikan Edukasi Kesehatan Terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Usia Sekolah: Tinjauan Literatur. Jurnal Penelitian Kesehatan “SUARA FORIKES” (Journal of Health Research “Forikes Voice”), 11, 26. https://doi.org/10.33846/sf11nk204
Ayu, S. M., Kurniawan, A., Ahsan, A. Y., & Anam, A. K. (2018). Peningkatan Kesehatan melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sejak Dini di Desa Hargomulyo Gedangsari Gunung Kidul. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 20. https://doi.org/10.12928/jp.v2i1.437
Basuki, A. (t.t.). Perbandingan antara Pemikiran Karl Marx dengan Pemikiran J. Krishnamurti tentang Perubahan Sosial. 20(3), 9.
Berliana, N. (2016). Hubungan Peran Orangtua, Pengaruh Teman Sebaya dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Endurance, 1(2). https://doi.org/10.22216/jen.v1i2.984
Djam’an Satori. (t.t.). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Gani, H. A., Istiaji, E., & Pratiwi, P. E. (2015). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Tatanan Rumah Tangga Masyarakat Using (Studi Kualitatif di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi). 11.
Hasri, L. J. Y., & Isnaeni, Y. (t.t.). Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa Kelas Iv dan V di SDN Tuguran Gamping Sleman. 13.
Hurlock, E. B. (2018). Perkembangan Anak (Jil. 1, Ed. 6). Jakarta: Erlangga.
Iriantika, K. A., & Margawati, A. (2017). Studi Kualitatif Pengaruh Pemberian Konseling Gizi terhadap Perubahan Sikap dan Pemilihan Makan pada Remaja Putri Overweight. Journal of Nutrition College, 6(1), 19. https://doi.org/10.14710/jnc.v6i1.16887
Julianti, R. (2018). Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Lingkungan Sekolah. 3, 7.
Listina, O., Solikhati, D. I. K., & Fatmah, I. S. (2020). Edukasi Corona Virus Desease 19 (Covid-19) Melalui Penyebaran Poster Kepada Masyarakat Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. 1(2), 10.
Messakh, S. T., Purnawati, S. S., & Panuntun, B. (2019). Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bancak. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 10(1), 136. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.477
Nanang Martono. (2012). Sosiologi Perubahan Sosial (Revisi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567
Pratiwi, P. E. (t.t.). Bagian Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember 2015. 78.
Rahman, M. H., & Kencana, R. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Musamus Journal of Primary Education, 67–75. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i2.2177
Rompas, R., Ismanto, A. Y., & Oroh, W. (2018). Hubungan Peran Orang Tua dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Sekolah di SD Inpres Talikuran Kecamatan Kawangkoan Utara. 6, 6.
Rorimpandey, H. M., Rattu, A. J. M., & Tumuraang, M. N. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa di SMP Negeri 2 Tompaso. 8.
Sangadji, S. S. (2018). Tiga Teori Klasik yang Menjadi Grand Theory pada Awal Masa Perkembangan Ilmu Pengetahuan Social [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/tyaeh
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
Yana, L. F., & Husin, A. (2019). Kebiasaan Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Usia Dini di Kampung 1 Desa Muara Beliti Baru Kabupaten Musi Rawas. 12.
Published
28-10-2020
How to Cite
Maulidia, A., & Hanifah, U. (2020). Peran Edukasi Orang Tua terhadap PHBS AUD selama Masa Pandemi Covid-19. Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 35-44. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.3078