Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

  • Astuti Astuti Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Stevanus Budi Waluya Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Mohammad Budi Asikin Pascasarjana Universitas Negeri Semarang

Abstract

Matematika perlu diajarkan karena membentuk dan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, kritis, logis, dan sistematis. Berpikir kreatif diperlukan siswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi dan yang akan dihadapi suatu saat nanti. Berpikir kreatif memiliki empat indikator, meliputi fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji coba soal kemampuan berpikir kreatif siswa sebuah SD di kota Ungaran. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif analisis. Instrumen yang dipakai yakni tes kemampuan berpikir kreatif. Terdiri dari  soal yang memuat indikator kemampuan berpikir kreatif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas IV dengan sample berjumlah 35 siswa. Berdasarkan hasil uji coba soal bahwa soal tes kemampuan berpikir kreatif semua valid; reliable dengan tingkat kesukaran sulit, sedang, dan mudah; serta daya pembeda sangat baik, baik, buruk, dan sangat buruk. Dengan demikian, soal tes kemampuan berpikir kreatif yang telah disusun dapat digunakan untuk penelitian.

References

Amidi, & Zahid, M. Z. (2016). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, 586–594.
Asmarawati, N. I. (2016). Deskripsi kemampuan berpikir kreatif dan kritis siswa smp kelas VII semester genap. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 690–697.
Astuti, Waluya, S. B., & Asikin, M. (2019). Strategi Pembelajan Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 51–62. Retrieved. from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/327
Astuti, Waluya, S. B., & Asikin, M. (2020). The Important Of Creative Thinking Ability In Elementary School Students For 4.0 Era. International Journal on Education, Management and IInovation (IJEMI), 1(1), 91–98. https://doi.org/https://doi.org/10.12928/ijemi.v1i1.1512.
Eftafiyana, S., Nurjanah, S. A., Armania, M., Sugandi, A. I., & Fitriani, N. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Smp Yang Menggunakan Pendekatan Creative Problem Solving. Teorema, 2(2), 85. https://doi.org/10.25157/.v2i2.1070.
Fadliyani. (2016). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together Pada Kelas V Negeri 104607 Sei Rotan. Jurnal Bina Gogik, 3(1), 15–24.
Firdausi, Y. N., & Asikin, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities ( MEA ). 1, 239–247.
Handoko, H. (2017). Pembentukan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika Model Savi Berbasis Discovery Strategy Materi Dimensi Tiga Kelas X. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 85. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1711.
Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R., 2015. penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Kusnadi, D., Tahmir, S., & Minggi, I. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Makassar. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2(1), 123–135. https://doi.org/10.24127/hj.v5i1.732.
Mahfud. (2013). Berpikir Dalam Belajar; Membentuk Karakter Kreatif Peserta Didik. Jurnal At Tarbawi Al Haditsah, 1(2), 1–26.
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 672–688. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21686.
Moma, L. (2016). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa Smp. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 27–41. Retrieved from http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/142.
Panjaitan, A. H., & Surya, E. (2017). Creative Thinking (Berpikir Kreatif) Dalam Pembelajaran Matematika. ABA Journal, 102(4). https://doi.org/10.1002/ejsp.2570.
Putra, H. D., Akhdiyat, A. M., Setiany, E. P., & Andiarani, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP di Cimahi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 47–53. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.12473.
Safaria, S. A., & Sangila, M. S. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri 9 Kendari Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Al-Ta’dib, 11(2), 73–90.
Samura, A. O. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 20–28.
Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232. Retrieved from https://www.google.co.id/search?q=Persepsi+siswa+pada+pelajaran+matematika%253A+studi+pendahuluan+pada+siswa+yang+menyenangi+game+Nani+Restati+Siregar1+1Mahasiswa+Program+Doktor+Psikologi+Universitas+Gadjah+Mada&oq=Persepsi+siswa+pada+pelajaran+matematika.
Siviani, R., Zubainur, C. M., & Subianto, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 27–39. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10125.
Suherman, E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. UPI: JICA.
Suriany, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Math-Talk Learning Community. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(5), 296–305.
Yenni, Y., & Putri, S. E. (2017). Optimalisasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 334–338. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.483.
Published
28-10-2020
How to Cite
Astuti, A., Waluya, S., & Asikin, M. (2020). Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 27-34. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.3117