Peningkatan Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika melalui Metode Pemberian Feedback (Balikan) pada Siswa Kelas II SD

  • Yunarni Yunarni SDN 3 Karangpatihan Kabupaten Ponorogo
  • Nova Estu Harsiwi SDN 3 Pandak Kabupaten Ponorogo

Abstract

Berdasarkan hasil observasi diperoleh data hasil belajar Matematika siswa kelas II SDN 3 Pandak hanya mencapai rata-rata 55,50. Siswa yang dinyatakan tuntas belajar 40% dengan standar ketuntasan minimal 75%. Penerapan metode feedback diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II SDN 3 Pandak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 3 Pandak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan observasi kegiatan pembelajaran. Dari hasil analisis diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus I, ke siklus II. Nilai rata-rata pra siklus adalah 55,5. Nilai rata-rata siklus I 65 dan siklus II meningkat menjadi 82. Ketuntasan belajar siswa juga meningkat. Pada pra siklus ketuntasan belajar sebesar 40%, siklus I meningkat menjadi 60%, dan siklus II meningkat menjadi 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pemberian feedback dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II SDN 3 Pandak.

References

Anggrayni, Y. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa dalam Mengiktui Pelajaran Pengawetan Di SMK Negeri 1 Pandak, Bantul, D.I. Yogyakarta (Universitas Negeri Yogyakarta). Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=2ahUKEwinmPXbyL7jAhXn6nMBHWpuBVoQFjAAegQIABAC&url=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F43141%2F1%2FYessi%2520Anggrayni%2520-%252006511241026.pdf&usg=AOvVaw0wH86WF_84Lk8nsS1S4I4e
Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Combs, A. W. (1984). The Profesional Education of Teachers. Boston: Allin and Bacon, Inc.
H C Wetherington, B. W. W. H. (1986). Teknik-Teknik Belajar dan Mengajar (Bandung). jemmars.
Hamalik, O. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Hermansyah, A. K. (2016). MEDIA PEMBELAJARAN PENGHANTAR BERPOLA PIKIR GLOBAL Instructional Media As Conductor To Global Mindset. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016, Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP Dengan Pusat Studi Lingkungan Dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang Malang, 26 Maret 2016, 198–212.
Marlissa, I., & Untayana, J. R. (2018). Implementation of 2013-Curriculum with a Scientific Approach at SMPN 2 Merauke. Proceedings of the First Indonesian Communication Forum of Teacher Training and Education Faculty Leaders International Conference on Education 2017 (ICE 2017). https://doi.org/10.2991/ice-17.2018.98
Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). DIFFICULTY OF TEACHER IN IMPLEMETING THEMATIC LEARNING IN BASIC SCHOOLS IN MERAUKE PAPUA. International Journal of Research-Granthaalayah, 7(11), 85. https://doi.org/10.5281/zenodo.3556923
Panhoon, S., & Wongwanich, S. (2014). An Analysis of Teacher Feedback for Improving Teaching Quality in Primary Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 4124–4130. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.902
Rustiyah, N. K. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sumarno. (2016). Pengaruh Balikan (Feedback ) Guru dalam Pembelajaran terhadap Motivasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 115–125. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jppk/article/download/9642/4556
Sumarsono, A., & Sianturi, M. (2019). Peluang Media Interaktif dalam Menunjang Efektivitas Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2), 101. https://doi.org/10.30734/jpe.v6i2.353
Suryani, D. R., & Lestari, N. (2019). PENGGUNAAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 MERAUKE. Musamus Journal of Mathematics Education, 1(2), 74–79. https://doi.org/10.35724/mjme.v1i2.1376
Yeh, C. Y. C., Cheng, H. N. H., Chen, Z. H., Liao, C. C. Y., & Chan, T. W. (2019). Enhancing achievement and interest in mathematics learning through Math-Island. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 14(1), 5. https://doi.org/10.1186/s41039-019-0100-9
Yunarni, Y., & Harsiwi, N. E. (2018). METODE BELAJAR AKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD. Musamus Journal of Primary Education, 049–060. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i1.997
Published
28-10-2020
How to Cite
Yunarni, Y., & Harsiwi, N. (2020). Peningkatan Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika melalui Metode Pemberian Feedback (Balikan) pada Siswa Kelas II SD. Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 65-74. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.3202