PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA YPK MERAUKE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar kimia setelah diterapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Make A Match. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen dengan The Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPA SMA YPK Merauke tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 158 siswa. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang terdiri dari 20 siswa dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 yang terdiri dari 20 siswa diambil secara purposive sampling. Analisis data menggunakan independent sampel t-test. Kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dan kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran Make A Match. Hasil penelitian diperoleh thitung = 2,256 lebih besar dari ttabel = 1,697 yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar kimia siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih besar dari Make A Match pada siswa kelas XI SMA YPK Merauke.