PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA YPK MERAUKE

  • Irna Naniastuti Universitas Musamus
  • Evy Nurvitasari Universitas Musamus
  • Inggrid Marlissa Universitas Musamus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar kimia setelah diterapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Make A Match. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen dengan The Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPA SMA YPK Merauke tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 158 siswa. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang terdiri dari 20 siswa dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2  yang terdiri dari 20 siswa diambil secara purposive sampling. Analisis data menggunakan independent sampel t-test. Kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dan kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran Make A Match. Hasil penelitian diperoleh thitung = 2,256 lebih besar dari ttabel = 1,697 yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar kimia siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih besar dari Make A Match pada siswa kelas XI SMA YPK Merauke.

Published
2019-04-30
How to Cite
Naniastuti, I., Nurvitasari, E., & Marlissa, I. (2019). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA YPK MERAUKE. Musamus Journal of Science Education, 1(2), 074-082. https://doi.org/10.35724/mjose.v1i2.1699