Pengembangan dan Evaluasi Soal Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Usaha dan Energi

  • Rikardus Feribertus Nikat Universitas Musamus
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Musamus
  • Algiranto Algiranto Universitas Musamus
Keywords: Peneltian dan pengembangan, kemampuan berpikir kritis, materi usaha dan energi

Abstract

Penelitian pendidikan fisika ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi  instrumen soal berpikir kritis pada materi usaha dan energi. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan model ADDIE Desain penelitian ADDIE  memiliki lima urutan prosedur penelitian, yaitu (a) analyze (menganalisis), (b) design (merencanakan), (c) develop (mengembangkan), (d) implement (mengimplementasikan), dan (e) evaluate (pengevaluasian). Hasil penelitian menunjukan bahwa  soal yang memenuhi syarat sebagai instrumen yang  valid dan reliabel adalah 10 soal dari total 20 soal. Instrumen soal yang baik diimplementasikan serta dievaluasi bahwa rata rata kemampuan berpikir kritis siswa  berada pada kategori sedang. Hal ini menandakan bahwa rata rata siswa memiliki indikasi bahwa siswa memiliki pola berpikir kritis dengan kategori lambat dengan memanfaatkan pemikiran intuitif tanpa berpikir menggunakan konsep atau fakta (menganalisis permasalahan tidak sesuai argumentasi konsep, menuliskan jawaban tanpa melalui proses perhitungan).

References

Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: Skills for the future. The Clearing House, 83(2), 39-43.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer New York.
Che, F. S. (2002). Teaching critical thinking skills in a Hong Kong secondary school. Asia Pacific Education Review, 3(1), 83-91
Etkina.E & Heuvelen. (2008). Using Multiple Representations to Improve Student Learning in Mechanics. CollageBoard: Georgia
Gunes, Z, Gunez, I, Yasemin,D & Kirbaslar. (2014). The reflection of critical thinking dispositions on operational chemistry and physics problems solving of engineering faculty students. Procedia-Social and Behavioral Science, 174 ,448-456.
Halpern, D.F. (2014). Thought And Knowledge. Psychology Press: New york.
Mason, A & Singh, C. (2016). Impact of Guided Reflection with Peers on the Development of Effective Problem Solving Strategies and Physics Learning. Physical Review Special Topics - Physics Education Research 6, 020124
Pradana, SDS, Parno, P., & Handayanto, SK (2017). Development of tests of critical thinking skills in Geometry Optics material for Physics students. Journal of Educational Research and Evaluation , 21 (1), 51-64.
Putri, U. D., Parno, P., & Supriana, E. (2018). Eksplorasi Penggunaan Thinking Maps untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(5), 581-587.
Reski, A. (2018). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa. Musamus Journal Science Education., 1(1), 1–8.
Syabili, A., Loupaty, M., & Rahayu, M. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pokok Bahasan Besaran Dan Pengukuran Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA N 3 Merauke. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 026-037. https://doi.org/10.35724/magistra.v5i1.720
S. Y. Lin & C. Singh. (2013). Using an isomorphic problem pair to learn introductory physics:Transferring from a two-step problem to a three-step problem. Physics. Review. ST Phys. Educ. Res. 9, 020114
Tobias. F, Cedric.L & John.A. (2015) "A social semiotic approach to identifying critical aspects", International Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 4 Issue: 3, pp.302-316
Tiruneh, D. T., De Cock, M., Weldeslassie, A. G., Elen, J., & Janssen, R. (2017). Measuring critical thinking in physics: Development and validation of a critical thinking test in electricity and magnetism. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(4), 663-682.
Published
14-10-2019
How to Cite
Nikat, R., Supriyadi, S., & Algiranto, A. (2019). Pengembangan dan Evaluasi Soal Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Usaha dan Energi. Musamus Journal of Science Education, 2(1), 9-21. https://doi.org/10.35724/mjose.v2i1.2232