PENGARUH MOTIVASI DALAM MENINGKATAN PELAYANAN PADA SEKRETARIAT KEADILAN DAN PERDAMAIAN KEUSKUPAN AGUNG MERAUKE”

  • Wilhelmina Jeujanan Dosen Ilmu Administrasi Negara, FISIP, Universitas Musamus Papua
  • Agustinus Fangohoy Dosen Ekonomi Pembangunan, FISIP, Universitas Musamus Papua

Abstract

Motivasi merupakan proses kegiatan yang harus dilakukan untuk memberi dorongan agar semangat kerja para staf tetap terjaga dalam usaha pencapaian tujuan pelayanan. Adapun tujuan  dari penelitian ini untuk mengetahui  pengaruh  motivasi terhadap peningkatan pelayanan pada  Sekretariat Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Agung Merauke.  Desain penelitian yang digunakan adalah explanatory survey, penarikan sampel sebanyak 57 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling kepada 27 orang sedangkan 30 orang diambil dengan menggunakan teknik  aksidental sampling.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library research, observasi dan Kuesioner. Sedangkan rancangan uji hipotesis untuk membuktikan besarnya pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat digunakan   metode SPSS versi 10.00. Hasil penelitian tentang motivasi terhadap pelayanan di Sekretariat Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Agung Merauke dapat diketahui bahwa besarnya pengaruh variabel motivasi (X)  terhadap variable pelayanan  (Y)  tergolong cukup kuat  yaitu 0,585. Artinya bahwa terdapat korelasi atau hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi  terhadap pelayanan di Sekretariat Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Agung Merauke. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa apabila motivasi   tinggi atau ditingkatkan maka pelayanan pun akan meningkat.

Published
2013-04-14
How to Cite
Jeujanan, W., & Fangohoy, A. (2013). PENGARUH MOTIVASI DALAM MENINGKATAN PELAYANAN PADA SEKRETARIAT KEADILAN DAN PERDAMAIAN KEUSKUPAN AGUNG MERAUKE”. Societas : Jurnal Ilmu Administrasi Dan Sosial, 2(1), 45-56. https://doi.org/10.35724/sjias.v2i1.245