PENGARUH MOTIVASI DALAM MENINGKATAN PELAYANAN PADA SEKRETARIAT KEADILAN DAN PERDAMAIAN KEUSKUPAN AGUNG MERAUKEâ€
Abstract
Motivasi merupakan proses kegiatan yang harus dilakukan untuk memberi dorongan agar semangat kerja para staf tetap terjaga dalam usaha pencapaian tujuan pelayanan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui  pengaruh  motivasi terhadap peningkatan pelayanan pada  Sekretariat Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Agung Merauke.  Desain penelitian yang digunakan adalah explanatory survey, penarikan sampel sebanyak 57 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling kepada 27 orang sedangkan 30 orang diambil dengan menggunakan teknik aksidental sampling.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library research, observasi dan Kuesioner. Sedangkan rancangan uji hipotesis untuk membuktikan besarnya pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat digunakan   metode SPSS versi 10.00. Hasil penelitian tentang motivasi terhadap pelayanan di Sekretariat Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Agung Merauke dapat diketahui bahwa besarnya pengaruh variabel motivasi (X) terhadap variable pelayanan (Y) tergolong cukup kuat yaitu 0,585. Artinya bahwa terdapat korelasi atau hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi terhadap pelayanan di Sekretariat Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Agung Merauke. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa apabila motivasi   tinggi atau ditingkatkan maka pelayanan pun akan meningkat.