Fungsi Pengawas Bidang SMP Dalam Melakukan Monitoring Terhadap Kualitas Pendidikan
Abstract
Pengawasan yang berkualitas adalah pengawasan yang dilakukan pada semua sekolah dan membantu
guru dan sekolah dalam hal peningkatan sistem belajar mengajar maupun pengelolaan sekolah. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pengawasan pendidikan terhadap Sekolah Menengah
Pertama di Kabupaten Merauke. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
yaitu, reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menemukan Pelaksanaan
pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke belum
maksimal. Hal ini disebabkan karena keterbatasan sumber daya manusia yakni pengawas sekolah yang
tersedia di dinas tidak seimbang dengan jumlah sekolah yang ada sehingga berpengaruh terhadap
jangkauan pengawas ke sekolah binaan menjadi berkurang dan tidak merata. Kunjungan pengawas lebih
intens dilakukan pada sekolah yang ada di kota sedangkan sekolah yang berada di pinggiran dan pelosok
kunjungan hanya dilakukan tiga bulan sekali bahkan terdapat sekolah yang sangat jarang dilakukan
pengawasan. Padahal dengan kunjungan pengawas yang teratur dapat membantu sekolah dalam melihat
kekurangan sekolah untuk segera diperbaiki. Hal lain yang membuat pelaksanaan pengawasan belum
maksimal adalah karena kekurangan dana. Untuk melakukan pengawasan pada sekolah yang jauh,
pengawas kadang menggunakan uang pribadi karena dana supervisi yang diberikan pemerintah tidak
mencukupi. Selain itu, kondisi geografis yang menantang juga membuat pengawas sulit mengunjungi
sekolah.