Pelayanan Administrasi Dokumen Kapal Perikanan
Abstract
Pelayanan administrasi dokumen kapal perikanan mempunyai hal penting untuk melihat prosedur pelayanan administrasi yang telah dilakukan sesuai dengan peraturan yang ada kemudian diambil keputusan apakah pelayanan administrasi dokumen kapal perikanan dan prosedur pelayanan dalam pembuatan persetujuan berlayar kapal perikanan. Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana pelayanan administrasi dokumen kapal perikanan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan administrasi dokumen kapal perikanan dalam upaya mewujudkan keselamatan dan keamanan dalam berlayar adalah Kesederhanaan, Kejelasan, Kepastian, Ketepatan Waktu dan Keterbukaan dalam prosedur pelayanan telah sesuai dengan SOP, tetapi belum maksimal karena sepenuhnya berjalan dengan baik di sebabkan oleh pihak pemilik kapal yang sering terlambat memenuhi persyaratan-persyaratan juga dalam hal melengkapi alat-alat keselamatan yang sudah tidak layak pakai hal ini dapat mempengaruhi dan menghambat proses penerbitan surat izin keselamtan dan keamanan dalam berlayar. Pemeriksaan administrasi telah terpenuhi namun terhambat akibat pemeriksaan fisik kapal yang tidak memenuhi persyaratan. Kesyahbanadaran Pelabuhan Perikanan belum mampu membuat seluruh kapal-kapal perikanan untuk menerbitkan surat persetujuan berlayar di pelabuhan perikanan, masih ada kapal-kapal yang keluar berlayar tanpa surat persetujuan berlayar dan juga kelengkapan pelaratan keselamatan berlayar yang tidak sesuai standar yang ditetapkan