Kajian Implementasi Filsafat Ki Hajar Dewantara Dalam Konteks Pemecahan Masalah Fisika Di SMA Islam Nu Pujon Malang

  • Rikardus Feribertus Nikat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pemikiran Ki Hajar dewantara dalam proses pembelajaran fisika khususnya pemecahan masalalah materi medan magnet di SMA Islam NU Pujon. Metode penelitian dilakukan dengan mixed method explanatory design. Sampel diambil pada seluruh siswa kelas XII IPA SMA Islam NU Pujon. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dari hasil penilaian formatif selama pembelajaran dan dikuatkan dengan data kualitatif berupa wawancara terstruktur. Capaian pada penilaian formatif didapatkan bahwa seluruh siswa mendapatkan nilai diatas standar minimal sekolah yakni 70 poin dari skala 0-100 poin. Nilai-nilai tersebut yakni nilai rata-rata sebesar 78 poin, nilai tengah sebesar 72 poin dan nilai yang sering muncul sebesar 76 poin dari skala 0-100 poin. Hasil wawancara ditemukan beberapa kategori diantaranya: kejujuran pada fase pengumpulan informasi dan data, percaya diri dan menghargai pendapat orang lain pada fase diskusi dan presentasi serta balikan formatif sebagai penguat pengambilan keputusan

Published
2022-11-14
How to Cite
Nikat, R. (2022). Kajian Implementasi Filsafat Ki Hajar Dewantara Dalam Konteks Pemecahan Masalah Fisika Di SMA Islam Nu Pujon Malang. Musamus Journal of Science Education, 5(1), 001-006. https://doi.org/10.35724/mjose.v5i1.4590