Penggunaan Pop-up Book Untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Sistem Tata Surya Di SMP N 13 Merauke

  • Jeffri Parrangan Universitas Musamus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa pop-up book untuk materi ajar sistem tata surya, melalui penggunaan pop-up book ini diharapkan dapat mengatasi miskonsepsi pada siswa terutama untuk materi tata surya. Sebelum dilakukan penelitian ini telah dianalisis terlebih dahulu kelemahan belajar siswa pada mata pelajaran IPA Fisika di tingkat SMP dan diperoleh hasil bahwa masih banyak siswa terutama pada kelas VII yang masih memiliki pemahaman yang salah tentang sistem tata surya. Siswa juga biasanya sudah memiliki dugaan yang diperoleh dari pengalaman sehari-hari serta lingkungan sekitar, sehingga ketika siswa mendapatkan informasi baru maka cenderung untuk menghubungkannya dengan pemahaman awal yang dimilikinya hal inilah yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi.  Sehingga diperlukan suatu media yang dapat memvisualisasikan materi sistem tata surya menjadi lebih nyata melalui media pop-up book.

Tahap penelitian ini dimulai dari observasi, pembuatan pop-up book, pembelajaran di SMP N 13 pada siswa kelas VII dan evaluasi kegiatan penelitian. Untuk metode penelitian itu sendiri meliputi tahap perancangan, uji coba dan pengembangan. Pada tahap perancangan terdiri dari mendesain pop-up book untuk sistem tata surya secara lengkap dimulai dari matahari dan planet-planet (merkurius, venus, bumi, mars, jupiter, saturnus, uranus, neptunus), mendesain  pop-up book untuk masing-masing planet secara lengkap dengan berfokus pada ciri-ciri khusus masing-masing planet dan mendesain pop-up book untuk menjelaskan rotasi dan revolusi bumi. Setelah didesain kemudian pop-up book dibuat.Selain itu dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan pop-up book akan dibantu dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang akan  menuntun siswa dalam menemukan konsep materi ajar. Sehingga siswa juga akan terlatih untuk dapat menemukan konsep materi ajar sendiri dan guru berperan untuk meluruskan jika ada konsep ajar yang masih kurang tepat. Melalui penggunaan media pop-up book juga diharapkan siswa lebih antusias dalam belajar serta motivasi dan hasil belajarnya menjadi meningkat.

Published
2022-11-22
How to Cite
Parrangan, J. (2022). Penggunaan Pop-up Book Untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Sistem Tata Surya Di SMP N 13 Merauke. Musamus Journal of Science Education, 5(1), 007-015. https://doi.org/10.35724/mjose.v5i1.4848