Perilaku konsumen buah pisang kepok (Musa paradisiaca L.) di Kota Medan

  • Sri Ariani Safitri Universitas Medan Area
  • Febry Pebryani Saragih Universitas Medan Area
  • Apip Gunaldi Dalimunthe Universitas Medan Area
Kata Kunci: Perilaku Konsumen; Pisang Kepok; multiatribut Fishbein

Abstrak

Permintaan masyarakat Indonesia terhadap buah lokal semakin meningkat seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya nutrisi buah bagi Kesehatan. Pisang kepok (Musa paradisiaca L.)  adalah salah satu jenis pisang yang populer dan digemari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pembelian dan sikap konsumen buah pisang kepok di Kota Medan. Penelitian dilakukan dengan metode survei pada salah satu pasar tradisional terbesar di Kota Medan. Jumlah sampel konsumen sebanyak 42 konsumen yang ditentukan melalui purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif dan multiatribut Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku pembelian konsumen buah pisang kepok di Kota Medan berupa alasan pembelian untuk manfaat kesehatan, alasan berbelanja di pasar tradisional karena harga relatif murah, frekuensi pembelian setiap bulan tidak menentu, pembelian sebanyak 1 sisir disetiap pembeliannya, tujuan pembelian untuk dikonsumsi sendiri, rata-rata pengeluaran konsumen untuk membeli buah pisang kepok Rp.70.001–Rp 90.000 dalam sebulan. Hasil multiatribut Fishbein, sikap konsumen yakni konsumen sangat menyukai atribut harga buah pisang kepok dengan nilai sebesar 12,39 (sangat positif).

Referensi

Abda’u, Arifin & Ibnu. (2021). Preferensi Konsumen Terhadap Buah-buahan di Kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis: Journal of Agribusiness Science : 9(2):301-308.

Badan Pusat Statistik. (2021). Medan Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2021). Jumlah Produksi Buah-Buahan di Indonesia Tahun 2020.

Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. (2022). Statistik Pertanian Hortikultura. Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara.

Kementrian Kesehatan RI. (2018). Khasiat dan manfaat pisang. Jakarta: Kemenkes RI.

Effendi, I., Najib, M. & Kirbrandoko. (2019). Analisis Preferensi dan Keputusan Pembelian Konsumen Buah-buahan Generasi Y (Kasus Ritel Modern dan Tradisional di Bogor). Journal of Consumer Sciences. 4 (2) : 61-75.

Marinda, Verawati (2022). “Analisis Keputusan Pembelian Buah Segar di Kota Surakarta”. AGRISTA : 10 (4) : 48-59.

Permadi, R. & Lili Winarti. (2015). “Analisis Sikap Konsumen Terhadap Atribut Buah Pisang Kepok (Studi Kasus Konsumen di Tiga Kota Kuala Pembuang, Sampit, dan Palangkaraya)”. Media Sains : 8 (2) : Oktober 2015.

Rumapea, Ewin. (2020). ”Analisis Sikap dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Buah Pisang di Pasar Tradisional Kota Semarang”. Agrisocionomics. 5 (2): 1-13.

Simamora B. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gamedia Pustaka Umum. Jakarta

Sumarwan, Ujang & Fandy Tjiptono. (2018). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen. Bogor: IPB Press.

Sungkawa, Purnomo & Fauziah. (2015). Hubungan Antara Persepsi dan Preferensi Konsumen dengan Pengambilan Keputusan Pembelian Buah Lokal (Studi kasus di Pasar Harjamukti, Pasar Pagi, dan Pasar Kanoman Kota Cirebon). Jurnal Agrijati. 28 (1) : (79-99).

Widiyanto, N. A, A. K. Adhi, & H. K. Daryanto. (2016). “Atribut-atribut yang mempengaruhi sikap dan preferensi konsumen dalam membeli buah apel di Kota Surabaya dan Kota Malang, Provinsi Jawa Timur”. J. Ilmu Keluarga dan Konsumen. 9 (2): 136-146

Diterbitkan
2023-09-30
Bagian
Artikel

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##