INOVASI ECO PAVING BLOCK SEBAGAI MATERIAL DALAM PEMBANGUNAN JALAN BERKELANJUTAN

  • Muh. Akbar Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Musamus
  • Irfan Wildzan Muafa Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Musamus
  • Yance Kakerissa Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Musamus
  • Eko Budianto Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Musamus
Keywords: Eco paving block, Limbah plastik, Jalan berkelanjutan

Abstract

Permasalahan limbah plastik dan kebutuhan material konstruksi berkelanjutan mendorong penelitian ini mengembangkan eco paving block berbasis multi-plastik. Dengan hanya 9% limbah plastik global yang didaur ulang dan sektor konstruksi menyumbang 23% emisi CO₂, inovasi material ramah lingkungan menjadi urgensi untuk mencapai target SDGs. Penelitian ini bertujuan menentukan komposisi optimal paving block dari limbah plastik (LDPE, HDPE, PET, PP, PS) dan pasir yang memenuhi standar teknis sekaligus mendukung ekonomi sirkular. Metode penelitian menggunakan eksperimen laboratorium dengan enam variasi komposisi plastik-pasir dengan perbandingan campuran 100:0 hingga 50:50, masing-masing diuji dengan dua sampel berukuran 15×15×6 cm. Pengujian kuat tekan mengikuti SNI 03-0691-1996 menggunakan compression testing machine, dengan analisis data meliputi konversi ke mutu beton (K). Proses produksi melibatkan peleburan plastik pada 160-180°C dan vibrasi selama 30 detik untuk mencapai kepadatan optimal. Hasil penelitian menunjukkan komposisi 70% plastik dan 30% pasir menghasilkan kuat tekan optimal 20.22 MPa atau setara denga mutu K-225, memenuhi Mutu B SNI untuk aplikasi jalan lingkungan. Material ini mampu mendaur ulang 3,5 kg limbah plastik/m² dengan pengurangan emisi karbon 40% dibanding paving konvensional.

References

[1] A. P. Singh and A. S. Devi, “Plastic waste: a review,” Int. J. Adv. Sci. Res. Manag., vol. 4, no. 3, pp. 47–51, 2019.
[2] H. Marey, G. Kozma, and G. Szabó, “Effects of using green concrete materials on the CO2 emissions of the residential building sector in Egypt,” Sustainability, vol. 14, no. 6, p. 3592, 2022.
[3] S. Y. Kusumastuti et al., Green Technology: Inovasi Teknologi Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan. PT. Green Pustaka Indonesia, 2025.
[4] A. Zumira and H. K. Surtikanti, “Solusi pengelolaan sampah plastik: pembuatan ecobrick di kelurahan agrowisata, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau,” EcoProfit Sustain. Environ. Bus., vol. 1, no. 1, 2023.
[5] A. S. Anwar, “Mekanisme Pembangunan Jalan Lingkungan Kawasan Perdesaan Pada Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Kota Banda Aceh,” 2025, UIN Ar-raniry.
[6] N. Pertiwi, “Implementasi Sustainable Development di Indonesia,” 2017, Global Research and Consulting Institute (GlobalRCI).
[7] J. D. Bakka, “Analisa Kekuatan Lentur Dan Dampak Lingkungan Pada Beton Yang Terbuat Dari Daur Ulang Limbah Plastik Polypropylene Sebagai Agregat Halus= Analysis of Flexural Strength and Environmental Impact of Concrete Made from Recycled Polypropylene Plastic Waste as Fine Aggregate,” 2024, Universitas Hasanuddin.
[8] G. E. P. Galang Eko Prakosa and A. F. M. Alfino Fikri Maulana, “PEMANFAAT LIMBAH PLASTIK SEBAGAI MATERIAL PEMBUATAN PAVING BLOCK,” 2025, UPT. Perpustakaan Undaris.
[9] M. Onibala, A. H. Thambas, H. Riogilang, and M. D. J. Sumajouw, “Pemanfaatan Paving Blok Dari Sampah Plastik,” TEKNO, vol. 22, no. 88, pp. 985–994, 2024.
[10] M. A. Kader, E. Herlina, and W. Setianingsih, “Pengelolaan Sampah Plastik Menjadi Paving Block Sebagai Prospek Bisnis Pada Masyarakat Pra Sejahtera,” Abdimas Galuh, vol. 3, no. 1, pp. 102–113, 2021.
[11] D. P. Lolo, C. Utary, and M. Akbar, “TEKNIK JALAN RAYA,” PT Akselerasi Karya Mandiri, p. 403, 2025.
[12] D. S. Nababan, M. Akbar, and D. Tambun, “Evaluasi Daya Dukung Tanah Dasar Jalan Poros Neto Kampung Ivimahad,” Fatek, vol. 1, no. 1, pp. 7–11, 2024.
[13] M. K. Damayanti, “Desain Parameter Eksperimen Untuk Optimasi Nilai Frangibility Factor Material Komposit Dengan Metode Taguchi dan Neural Network,” Inst. Teknol. Sepuluh Nop., 2017.
[14] W. N. Wari, D. D. Pranowo, R. Pradita, and E. O. Hutasoit, “Pembuatan Eco Paving Berbahan Campuran Limbah Plastik Dalam Upaya Peningkatan Infrastruktur Jalan Lingkungan dan Pendapatan Masyarakat di Desa Grogol, Kecamatan Giri,” J-Dinamika J. Pengabdi. Masy., vol. 9, no. 3, pp. 451–456, 2024.
[15] S. A. Rahmi, E. N. Lydia, M. Purwandito, and N. P. Lisa, “Analisis Perbandingan Mutu Eco Paving Block Berbahan Baku Limbah Plastik,” Teras J., vol. 12, no. 2, p. 395, 2022.
[16] N. Sa’addah, “Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Bahan Bangunan Sederhana,” J. Sains dan Teknol. Indones., vol. 1, no. 1, pp. 5–9, 2025.
[17] M. Fikri Ulinnuah, “Kuat Tekan Paving Block Pressing 50 KG/cm2 Dan Frekuensi Getar 50 Hz Dengan Variasi Getar 4, 5, 6, 7 Dan 8 Detik”.
[18] R. B. Murugan, C. Natarajan, and S.-E. Chen, “Material development for a sustainable precast concrete block pavement,” J. Traffic Transp. Eng. (English Ed., vol. 3, no. 5, pp. 483–491, 2016.
[19] E. K. Z. Erdin and F. Soehardi, “Kualitas Paving Block Dengan Menggunakan Limbah Plastik Polypropylene Terhadap Kuat Tekan,” J. Tek., vol. 15, no. 2, pp. 185–190, 2021.
[20] F. Adibroto, “Pengaruh penambahan berbagai jenis serat pada kuat tekan paving block,” J. rekayasa sipil, vol. 10, no. 1, pp. 1–11, 2014.
[21] M. R. A. Saputra, A. Surya, and M. G. Perdana, “Analisis Uji Mutu Beton K-250 Dengan Mutu Beton Campuran Pengganti Agregat Kasar Dari Limbah Plastik (PET) Berdasarkan SNI 03-2834-2000,” J. Penelit. Tek., vol. 1, no. 2, pp. 116–127, 2024.
Published
2025-06-28
How to Cite
Akbar, M., Muafa, I. W., Kakerissa, Y., & Budianto, E. (2025). INOVASI ECO PAVING BLOCK SEBAGAI MATERIAL DALAM PEMBANGUNAN JALAN BERKELANJUTAN. MUSTEK ANIM HA, 14(01), 37 - 46. https://doi.org/10.35724/mustek.v14i01.7165