IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN PJOK DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) SE-KOTA MERAUKE

  • adi sumarsono Universitas Musamus
  • Emanuel Lewar Universitas Musamus
  • Carolus Wasa Universitas Musamus

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini mengetahui 1) implementasi penilaian autentik dalam
pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sesuai dengan standart
penilaian di MTs se kotaMerauke. 2) Kendala guru mengimplementasikan penilaian autentik
dalam pelajaran PJOK di MTs se Kota Merauke. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kuantitatif. Jumlah subyek dalam penelitian ini sebanyak 12 guru. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah angket serta wawancara terstruktur. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik-deskriptif dalam bentuk persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa:1) guru PJOK di MTs se kota Merauke sudah
mengimplementasikan penilaian autentik dengan kategori baik, hal ini didukung pendapat
siswa sebagai konfirmator pada kategori sangat baik. Implementasi penilaian autentik secara
rinci dari aspek perencanaan dan pelaporan kategori baik, aspek pelaksanaan masih kategori
cukub baik. Sedangkan aspek penilaian pengetahuan, aspek penilaian sikap dan aspek
penilaian keterampilan masuk dalam kategori baik 2) kendala guru PJOK dalam
mengimplementasikan penilaian autentik dalam pembelajarannya adalah waktu yang terbatas,
biaya yang lebih banyak, banyaknya komponen/kriteria dalam penilaian autentik, kurangnya
motivasi dalam mengikuti pembelajaran yang inovatif dangen penilaian autentik serta sarana
yang dimiliki sekolah yang masih belum maksimal (masih terbatas).
Kata Kunci: penilaian autentik, PJOK MTs

Published
2018-12-28
How to Cite
sumarsono, adi, Lewar, E., & Wasa, C. (2018). IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN PJOK DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) SE-KOTA MERAUKE. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 1(1), 31-40. https://doi.org/10.35724/mjpes.v1i1.1098

Most read articles by the same author(s)