SURVEI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA SUKU MARIND, ASMAT DAN MUYU PADA SISWA SMA KOLESE PENDIDIKAN GURU TAHUN AJARAN 2017/2018

  • Syamsudin Syamsudin Universitas Musamus
  • Elias Antonio Ohoilulin SMA KPG Khas Papua Merauke

Abstract

Abstrak: Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Suku Marind, Asmat dan Muyu pada
Siswa SMA Kolese Pendidikan Guru Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa putra suku Marind, Asmat dan Muyu SMA
Kolese Pendidikan Guru Khas Papua Kabupaten Merauke Tahun ajaran 2017/2018. Sampel
penelitian diambil pada SMA KPG Khas Papua Merauke dikarenakan siswa di sekolah
tersebut didominasi oleh 3 suku tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa putra suku
Marind, Asmat dan Muyu SMA Kolese Pendidikan Guru Khas Papua Kabupaten Merauke
sebanyak 60 orang yang terdiri dari kelompok suku Marind 20 orang, kelompok suku Asmat
20 orang dan suku Muyu 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes
kebugaran jasmani Indonesia (TKJI) 2010. Hasilnya, didapatkan bahwa kelompok siswa
Marind memiliki nilai rata-rata tingkat kebugaran jasmani 16,35 dengan kategori sedang,
kelompok siswa suku Asmat memiliki nilai rata-rata 15,05 dengan kategori sedang, dan
kelompok siswa suku Muyu memiliki nilai rata-rata tingkat kebugaran jasmani 15,90 dengan
kategori sedang. Kesimpulannya, kelompok siswa suku Marind memiliki tingkat kebugaran
jasmani lebih baik dari suku Asmat dan Muyu, sementara kelompok siswa suku Muyu lebih
baik dari kelompok siswa suku Asmat. Siswa suku Marind mendominasi tes kekuatan, siswa
suku Asmat mendominasi Kekuatan lengan atau tungkai atas sementara siswa suku Muyu
mendominasi Kecepatan. (Abstract).
Kata Kunci: Tingkat kebugaran, siswa Papua

Published
2018-10-31
How to Cite
Syamsudin, S., & Ohoilulin, E. (2018). SURVEI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA SUKU MARIND, ASMAT DAN MUYU PADA SISWA SMA KOLESE PENDIDIKAN GURU TAHUN AJARAN 2017/2018. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 1(1), 12-19. https://doi.org/10.35724/mjpes.v1i1.1094